SEKOLAH MINGGU DAN PENDIDIKAN KRISTEN
Cerita dan perkembangan sekolah minggu mengisi banyak tempat dalam sejarah pendidikan moden. Dimulai dengan tindakan protes melawan rasional dan sekuler ketika gereja berhenti mengajar pendidikan dalam kebenaran Kristen. Sekolah minggu membawa kebebasan di dalam gereja. Pada mulanya menekankan pendidikan umum untuk sejalan dengan pendidikan agama. Dan beberapa tahun kemudian, pengajaran kembali ke awal.
I. SEJARAH MULA MULA DARI SEKOLAH MINGGU
A. PERMULAAN SEKOLAH MINGGU MODERN
1. Robert Raikes dari Gloucester, Inggris pada tahun 1780, memulai sekolah minggu sebagai percobaan dengan tujuan mencegah perbuatan jahat.
2.Ternyata percobaannya berhasil, dia mulai sekolah minggu lain dan setelah tiga tahun diterima masyarakat dan mendapat hasil.
3. Masyarakat mendukung pekerjaannya, dan pada tahun 1811 Raikes meninggal, dihadiri oleh 400.000 murid sekolah minggu di Inggris.
4. Kegiatan sosial sekolah minggu didirikan setelah tahun itu dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya mulai berdiri.
5. Persatuan sekolah minggu di London bekerja sepenuhnya untuk kesejahteraan orang muda.
B. PERMULAAN DI AMERIKA
1. Gerakan REikers didirikan di Amerika karena orang-orang terlihat membutuhkan pengajaran Alkitab, yang berkurang sebagai dampak melemahnya kontrol gereja terhadap pendidikan.
2. Dimulai dari selatan pada tahun 1785, gerakan ini menyebar dengan cepat di utara. berhasil pada tahun 1790 di Filadelfia pada hari pertama atau sekolah sabat.
3. Sekitar tahun 1810 gereja mulai menyetujui kehdiran sekolah minggu. ttapi tidak menjadikan sekolah minggu sebagai yang utuh dalam pekerjaan gereja.
4. Seluruh kesatuan kegiatan orang awam dikembangkan pada tahun 1817 di sekolah minggu Filadelfia dan persekutuan sekolah orang-orang dewasa.
5. Persatuan sekolah minggu Amerika berdiri pada tahun 1824.
II. PERKEMBANGAN PENYEBARAN DAN KEMUNDURAN SEKOLAH MINGGU
Karena gereja dan negara dipisah maka dihasilkan penghapusan pengajaran agama, organisasi dan penyebarannya. Gereja memakai sekolah minggu sebagai alat untuk memberikan penngajaran.
a. PERKEMBANGAN 1824 - 1872
1. persatuan sekolah minggu Amerika memimpn perkembangan organisasi pendidikan dan perluasannya.
2. Ketika denominasi-denominasi menjadi aktif di lapangan, persatuan ini menyerahkan kepemimpinannya kepada "Rapat NAsional", tetapi tidak pernah berhenti pada tugas pokok di dalam mengkoordinir sekolah-sekolah minggu, mengajar Alkitab dan membagikan/menyalurkan literatur Kristen.
b. PENYEBARAN/ PERLUASAN 1872-1903
1. Konferensi dan rapat-rapat daerah dipegang kepala daerah pada tahun 1820 menjadi lebih banyak setelah tahun itu dan berkembang ke rapat-rapat negara.
2. Rapat Nasional pertama pada tahun 1832, yang kedua 1833, dan yang ketiga 1859. Pada pertemuan ketiga, rencana yang telah dibuat berhasil yaitu mengangkat pelajaran-pelajaran ssekolah minggu sebagai pusat kepemimpinan.
3. Dari tahun 1875 pertemuan-pertemuan diresmikan secara internasional.
4. Pada pertemuan internasional yang ketiga pada tahun 1881 diresmikan persatuan sekolah minggu internasional.
5. Pada pertemuan internasional kelima pada tahun 1887, dianjurkan untuk sebuah persatuan sekolah minggu dunia.
6. Hasilnya pada tahun 1910 dibentuk dewan sekolah minggu dari denominasi penginjilan.
7. Persatuan dan dewan internasional bergabung pada tahun 1922, diterima pada tahun 1924 dengan nama dewan internasional pendidikan agama.
8. Banyak orang-orang gereja dan karyawan yang tidak setuju dengan dewan karena terlihat bebas dan ditekankan kepada pemandangan yang berasal dari manusia terhadap pendidikan.
c. KEMUNDURAN 1916-1940
1. Meskipun populasi bertambah, tetapi jumlah sekolah minggu dan pendaftaran murid-murid berkurang.
2. Penyebabnya adalah:
a. Paham theologia Liberal dalam dewan internasional
b. Penerimaan pendidik-pendidik agama dari anti Kristen
c. Penolakan pemimpin-pemimpin penginjilan untuk mengangkat hal-hal & cara2 baru
d. Denominasi kekuatan gerejawi.
III. LATARBELAKANG KEMUNDURAN DAN PEMUNCULAN KEMBALI SM.
A. ALKITAB DI SEKOLAH ALKITAB
1. Dari awal Alkitab sudah dipakai di dsekolah minggu
2. Pengajaran kateketik yang formal berlaku pada awalnya diikuti oleh sebuah masa penekanan penghafalan Alkitab
3. Dr. James Gall pada tahun 1810 yang memulai dan selalu menggunakan batas pengajaran.
4. Persekutuan sekolah Minggu Amerika pada tahun 1826 menerbitkan sebagian besar buku pelajaran sistematik dan masih diproduksi.
5. Penyatuan pelajaran diikuti dengan era babel pada 1840-1870, selama 30 tahun penuh bermacam-macam kebingungan pelajaran. Ini disebabkan permintaan untuk perbaikan pelajaran-pelajaran sekolah minggu.
6. Di bawah rapat kepemimpinan, system keseragaman pelajaran Alkitab diangkat pada tahun untuk memastikan pelajaran langsung dari Alkitab.
7. Keberatan-keberatan satu bagian Alkitab untuk seluruh umur dipimpin pada tahun 1908 untuk bertindak menyetujui seri Alkitab.
B. ALKITAB DIHAPUSKAN DARI SEKOLAH MINGGU
1. Pada tahun-tahun abad ke-19, beberapa pemimpin mulai mengenalkan bahan-bahan yang tidak berasal dari Alkitab kepada sekolah minggu.
2. Tetapi orang-orang dipengaruhi oleh pandangan-pandangan Jhon Dewey pada pengalaman pelajaran yang mendominasi pendidikan berpusat bukan pada inti Alkitab.
3. Pada yahun 1950, setelah dewan menjadi bagian dari dewan nasional gereja-gereja Kristus di Amerika, pengaruh dari yang bukan penginjilan diteruskan kepada sekolah minggu.
C. ALKITAB DILETAKKAN KEMBALI DI SEKOLAH MINGGU
1. Bagi persekutua yang berdiri di atas kebenaran Alkitab, tahun1846, evangelis membentuk persekutuan evangelis dunia.
2. Pada tahun 1894, kaum liberal menarik kembali dan mengatur persatuan gereja terbuka yang pada tahun 1900 namanya menjadi Federasi NAsional Gereja dan Pekerja Kristen.
3. Pada tahun 1905, kaum liberal mendirikan gereja Kristen yang disebut Federasi Dewan Gereja GEreja Kristus di Amerika.
4. Ketidakpuasan evangelis dibawa dalam pelajaran sekolah minggu, pada tahun 1946 membentuk persatuan asional sekolah minggu, cabang dari persatuan evangelis nasional.
5. Persatuan ini diperkenalkan pada tanggal 4 Januari 1948, keseragaman pelajaran Alkitab menjadi isi pusat Alkitab.
6. Persatuan ini mengakui nilai pelajaran dasar yang dibutuhkan dalam pertemuan kelompok umur yang berbeda yang meningkatkan pelajaran dasar.
7. Disamping membuat pelajaran-pelajaran, juga menempatkan Alkitab di tempat yang benar, untuk secara efektif mengajarkan Firman Allah.
8. Evangelis menciptakan rumah-rumah yang menempatkan pelajaran Alkitab sebagai relevansi Alkitab yang dibutuhkan oleh setiap individu.
3. Dari tahun 1875 pertemuan-pertemuan diresmikan secara internasional.
4. Pada pertemuan internasional yang ketiga pada tahun 1881 diresmikan persatuan sekolah minggu internasional.
5. Pada pertemuan internasional kelima pada tahun 1887, dianjurkan untuk sebuah persatuan sekolah minggu dunia.
6. Hasilnya pada tahun 1910 dibentuk dewan sekolah minggu dari denominasi penginjilan.
7. Persatuan dan dewan internasional bergabung pada tahun 1922, diterima pada tahun 1924 dengan nama dewan internasional pendidikan agama.
8. Banyak orang-orang gereja dan karyawan yang tidak setuju dengan dewan karena terlihat bebas dan ditekankan kepada pemandangan yang berasal dari manusia terhadap pendidikan.
c. KEMUNDURAN 1916-1940
1. Meskipun populasi bertambah, tetapi jumlah sekolah minggu dan pendaftaran murid-murid berkurang.
2. Penyebabnya adalah:
a. Paham theologia Liberal dalam dewan internasional
b. Penerimaan pendidik-pendidik agama dari anti Kristen
c. Penolakan pemimpin-pemimpin penginjilan untuk mengangkat hal-hal & cara2 baru
d. Denominasi kekuatan gerejawi.
III. LATARBELAKANG KEMUNDURAN DAN PEMUNCULAN KEMBALI SM.
A. ALKITAB DI SEKOLAH ALKITAB
1. Dari awal Alkitab sudah dipakai di dsekolah minggu
2. Pengajaran kateketik yang formal berlaku pada awalnya diikuti oleh sebuah masa penekanan penghafalan Alkitab
3. Dr. James Gall pada tahun 1810 yang memulai dan selalu menggunakan batas pengajaran.
4. Persekutuan sekolah Minggu Amerika pada tahun 1826 menerbitkan sebagian besar buku pelajaran sistematik dan masih diproduksi.
5. Penyatuan pelajaran diikuti dengan era babel pada 1840-1870, selama 30 tahun penuh bermacam-macam kebingungan pelajaran. Ini disebabkan permintaan untuk perbaikan pelajaran-pelajaran sekolah minggu.
6. Di bawah rapat kepemimpinan, system keseragaman pelajaran Alkitab diangkat pada tahun untuk memastikan pelajaran langsung dari Alkitab.
7. Keberatan-keberatan satu bagian Alkitab untuk seluruh umur dipimpin pada tahun 1908 untuk bertindak menyetujui seri Alkitab.
B. ALKITAB DIHAPUSKAN DARI SEKOLAH MINGGU
1. Pada tahun-tahun abad ke-19, beberapa pemimpin mulai mengenalkan bahan-bahan yang tidak berasal dari Alkitab kepada sekolah minggu.
2. Tetapi orang-orang dipengaruhi oleh pandangan-pandangan Jhon Dewey pada pengalaman pelajaran yang mendominasi pendidikan berpusat bukan pada inti Alkitab.
3. Pada yahun 1950, setelah dewan menjadi bagian dari dewan nasional gereja-gereja Kristus di Amerika, pengaruh dari yang bukan penginjilan diteruskan kepada sekolah minggu.
C. ALKITAB DILETAKKAN KEMBALI DI SEKOLAH MINGGU
1. Bagi persekutua yang berdiri di atas kebenaran Alkitab, tahun1846, evangelis membentuk persekutuan evangelis dunia.
2. Pada tahun 1894, kaum liberal menarik kembali dan mengatur persatuan gereja terbuka yang pada tahun 1900 namanya menjadi Federasi NAsional Gereja dan Pekerja Kristen.
3. Pada tahun 1905, kaum liberal mendirikan gereja Kristen yang disebut Federasi Dewan Gereja GEreja Kristus di Amerika.
4. Ketidakpuasan evangelis dibawa dalam pelajaran sekolah minggu, pada tahun 1946 membentuk persatuan asional sekolah minggu, cabang dari persatuan evangelis nasional.
5. Persatuan ini diperkenalkan pada tanggal 4 Januari 1948, keseragaman pelajaran Alkitab menjadi isi pusat Alkitab.
6. Persatuan ini mengakui nilai pelajaran dasar yang dibutuhkan dalam pertemuan kelompok umur yang berbeda yang meningkatkan pelajaran dasar.
7. Disamping membuat pelajaran-pelajaran, juga menempatkan Alkitab di tempat yang benar, untuk secara efektif mengajarkan Firman Allah.
8. Evangelis menciptakan rumah-rumah yang menempatkan pelajaran Alkitab sebagai relevansi Alkitab yang dibutuhkan oleh setiap individu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar